Ke Halaman Depan

Apa itu Bone Conduction Earphone?

bone-conduction-earphone

bone-conduction-earphone

Bone conduction earphone atau headphone adalah perangkat audio yang dirancang untuk mengirimkan suara melalui tulang pipi dan tengkorak, bukan melalui saluran telinga seperti headphone konvensional pada umumnya. 

Meskipun teknologi konduksi tulang telah ada sejak lama, teknologi ini masih dianggap relatif baru dan sedang berkembang dalam dunia perangkat audio.

Ketika dipakai, suara akan dikirimkan ke tulang pipi dan kemudian disalurkan ke telinga dalam, sehingga memungkinkan pendengar untuk mendengar suara tanpa harus menutup saluran telinga.

Bone conduction earphone biasanya terdiri dari sebuah transduser yang melekat pada tulang pipi atau belakang telinga. Transduser ini mengubah sinyal audio menjadi getaran mekanis yang disalurkan ke tulang pipi dan kemudian ke telinga dalam. 

Beberapa model bone conduction earphone juga dilengkapi dengan mikrofon sehingga pengguna dapat menjawab panggilan telepon tanpa harus melepaskan perangkat audio dari telinga.

Ada berbagai gaya earphone konduksi tulang yang tersedia di pasaran, termasuk yang melingkar di sekitar kepala, yang dapat dijepit ke pelipis, dan yang dapat dilekatkan pada kacamata. Ada versi dengan kabel dan nirkabel, dan dapat terhubung ke perangkat melalui teknologi Bluetooth.

Keuntungan dari bone conduction earphone adalah memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik atau panggilan telepon sambil tetap dapat mendengar suara dari lingkungan sekitar. Hal ini dapat membantu dalam situasi di mana keselamatan sangat penting, seperti saat bersepeda atau berkendara. 

Selain itu, bone conduction earphone juga cocok untuk orang yang memiliki gangguan pendengaran karena mereka masih dapat mendengar suara meski saluran telinga tertutup.

Apakah memuaskan untuk dengerin musik? Uhm, nggak, kualitas suaranya masih kalah jauh dibandingkan dengan earphone konvensional. Untuk voice oke, untuk musik menurut saya masih belum.